Tempat Wisata Bojonegoro yang Layak Dikunjungi di Musim Liburan

Wajah sumringah terpancar dari wajah-wajah kurang piknik di musim libur panjang seperti saat ini. Musim libur panjang pastinya menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu bagi kalian, iyo pora?.


Nah! kanggo kowe Bocah Bojonegoro ataupun bagi kalian yang saat ini sedang berlibur di Bumi Angling Dharma tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung ke tempat wisata yang ada di Bojonegoro.

Meskipun Bojonegoro merupakan kota kecil tidak sebesar Surabaya ataupun Malang tapi ojo salah Bojonegoro ya punya tempat wisata yang ngga kalah menarik sama wisata songgoriti yang ada di Malang atau di tempat lain.

Ngadimin jamin waktu libur panjang kalian ngga akan cukup untuk berkunjung dan menghabiskan di berbagai tempat wisata di Kabupaten Bojonegoro. Berikut ini diantaranya.

1. Negeri Atas Angin


Negeri atas angin merupakan salah satu spot wisata alam yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Nama atas angin diambil dari sebuah lokasi di Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro.

Wisata alam satu ini berupa daerah perbukitan yang indah. Ketika berkunjung ke Negeri Atas Angin ini kita akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang asri nan memanjakan mata.

Tidak hanya berkunjung, cekrak-cekrek lalu upload instagram kemudian Pulang. Bagi kalian yang berlabel 'anak alam' kalian bisa juga bercamping ria di atas bukit ini.

Apalagi sembari menikmati mentari sunrise dan sunset diatas bukit cinta, damn! kalian menjadi anak senja seutuhnya. hehe.

Bukit cinta merupakan spot unggulan di wisata Negeri Atas Angin ini. Selain dibuat camping, bukit cinta juga menjadi tempat foto prewedding untuk dua sejoli yang akan meresmikan hubungan mereka.

Kowe Jomblo? Urusanem hehe.

2. Kayangan Api


Wisata alam di Kabupaten Bojonegoro yang paling iconic. Wisata ini terletak di Desa Sendang Harjo Ngasem Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro.

Adanya fenomena alam yaitu api yang tidak pernah padam membuat wisata ini mendapat julukan "Sumber Api Abadi". Lokasinya yang unik yang berada di tengah hutan menambah wisata khayangan api ini layak dikunjungi ketika musim liburan.

Selain adanya sumber api abadi yang tidak bakal mati meski terkena hujan maupun badai dikawasan ini juga terdapat sumber mata air yang berbau agak menyengat karena mengandung belerang. Air blukuthuk seinget ngadimin namanya.

Selain jaraknya dekat dengan pusat Kota Bojonegoro yang hanya menghabiskan 20 menit perjalanan, wisata ini juga terkenal murah. harga tiket masuknya hanya sebesar Rp. 8.500,- per orang itu pun sudah termasuk asuransi jiwa.

3. Air Terjun Kedung Maor



Bojonegoro yo nduwe air terjun lur, lha mbok kiro ora? wisata air terjun ini bernama Kedung Maor. Nama yang terinpirasi dari suara deru air terjun yang seperti raungan hewan buas oleh karenanya penduduk sekitar menamakannya Kedung Maor.

Air terjun ini terletak di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Dander. Sekitar 35km dari pusat kota Bojonegoro.

Waktu yang pas untuk ke tempat ini yaitu pada saat awal hingga pertengahan musim kemarau. jika kalian datang pada puncak musim kemarau biasanya volume air berkurang.

Dulur bisa bersantai di tempat ini dengan membawa tikar untuk berpiknik ria. Sembari menikmati deruan suara air terjun untuk sejenak melupakan kalo dia sudah bahagia dengan pilihannya.

ambyar wes ambyarr...

4. Kebun Blimbing



Agrowisata yang satu ini menawarkan sesuatu yang seger-seger. Agrowisata Kebun Belimbing selalu menjadi pilihan terbaik untuk dikunjungi ketika musim liburan.

Diatas lahan kurang lebih 20 hektar yang berada di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitudu Kabupaten Bojonegoro ini tertanam ribuan pohon belimbing yang dirawat oleh warga sekitar yang berprofesi sebagai petani blimbing.

Belimbing yang dikembangkan oleh para petani disini berupa belimbing madu yang memiliki ukuran besar.

Agrowisata kebun belimbing ini sangat ramah bagi isi dompet. Harga tiketnya hanya Rp.10.000,- dulur sudah bisa menikmati wisata ini bahkan bisa memetik buah belimbing langsung dan mencicipinya.

Ditempat ini juga melayani penjualan buah belimbing yang fresh juga berbagai olahan yang berbahan buah belimbing.

Lhang di gass lurr...

5. Waduk Pacal


Jika dulur-dulur suka berwisata ke tempat tempat bersejarah ngademin tahu tempatnya. Waduk Pacal menjadi spot wisata bersejarah yang ngadimin rekomendasikan untuk kalian.

Dari informasi yang ngademin baca, Waduk Pacal ini merupakan bangunan peninggalan belanda. Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1924 dan diresmikan pada tahun 1933. Meski usia bangunan yang sudah tua namun waduk pacal masih berfungsi hingga kini.

Waduk pacal yang berada di Desa Kedungsumber Kec. Temayang Kabupaten Bojonegoro ini sangat berguna untuk lahan pertanian di beberapa kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

Selain berfungsi sebagai sumber irigasi lahan pertanian, Waduk Pacal mempunyai daya tarik wisata yang yang apik. Hamparan air yang melimpah ruah, ditambah dengan kokohnya bangunan peninggalan zaman kolonial dikelilingi panorama hutan jati membuat wisata ini begitu menarik.

Wisata Waduk Pacal ini juga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Selain untuk berpiknik hepi, dulur juga bisa melakukan hal lain seperti memancing atau sekedar mengelilingi waduk dengan perahu dayung.

Oh iya lur, di tempat ini bersamaan dengan Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro di setiap bulan Oktober biasanya ada acara ritual Larung Sengkolo dan Jamasan Waranggono Tayub.

Posting Komentar

0 Komentar